Rabu, 15 Februari 2012

Macam-Macam Operating System

Sistem operasi yang berkembang dan yang umum digunakan dalam pengoperasian komputer adalah sebagai berikut:
DOS (Disk Operating System)
DOS atau sistem operasi disket adalah sistem pengoperasian komputer yang diatur dari disket. Secara umum disket yang berisi sistem operasi disebut DOS. DOS merupakan sistem operasi pertama microsof yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar windows sekarang ini. Mungkin sekarang ini jarang sekali orang menggunakan DOS bahkan sudah tidak ada lagi yang memakainya. DOS berbasis CUI (Character User Interface) sedangkan windows berbasis GUI(Graphical User Interface) yang lebih mudah dan lebih baik.
 
Windows
Windows adalah salah satu sistem operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya dengan kata lain semakin tinggi versi dari windows semakin banyak fasilitas kemudahan yang ditawarkan. Perkembangan sistem operasi windows dimulai dari windows 1.0, windows versi 3, windows 95, windows 97, windows 98, windows 2000, windows xp dan terakhir windows vista.
 
 
 
Macintosh
Mac OS singkatan dari Macintosh Operating System yaitu suatu sistem operasi yang diproduksi oleh Apple Computer Inc. Mac OS adalah nama resmi sistem operasi Macintosh. Sistem operasi Mac OS dibuat khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer lain yangberbasis IBM.
 
 
 
Linux
Linux adalah sistem operasi komputer yang bersifat open source yang disebarkan secara luas dengan gratis dibawah lisensi General Public License (GPL), yang berarti source code linux tersedia. Inilah yang membuat linux sangat special karena masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar yang banyak dijumpai di internet. Mereka tukar kode, membenahi masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dengan linux dapat memakai dan mengembangkannya.
Dan masih ada beberapa sistem yang lain seperti Novell Netware, Unix, Be OS, OS/2, Palm OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar